Cara Menentukan Ukuran Lanyard Sesuai Standar

Hampir setiap bisnis dan institusi mengharuskan karyawannya untuk memakai tali lanyard, baik itu sebagai alat identifikasi atau konfirmasi izin keamanan. Dengan begitu banyaknya variasi yang tersedia di pasaran, penting bagi Anda untuk mengetahui standar umum mengenai ukurannya sebelum memutuskan untuk membuatnya.

Kenapa Harus Diukur?

Saat memesan lanyard custom, kebanyakan orang cenderung hanya memikirkan desain serta kualitasnya saja dan memilih untuk mengabaikan aspek lainnya. Padahal ukuran juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Ini dikarenakan ukuran yang tidak sesuai dapat mengakibatkan beragam masalah pada penggunanya.

Misalnya tali yang terlalu pendek dapat membuat si pengguna kesulitan untuk memasangnya di leher mereka. Sementara tali yang terlalu panjang akan membuat posisi klip aksesoris berada di atas perut, yang mana selain membuatnya lebih mudah untuk tersangkut, posisi ini juga sangat tidak ideal karena terlalu jauh dari jangkauan mata sehingga akan mempersulit proses identifikasi.

Berapa Standar Ukuran ?

Sebenarnya tidak ada aturan baku yang mewajibkan seseorang untuk memesan dengan ukuran tertentu. Kendati demikian, ada sebuah organisasi internasional bernama International Organization for Standarization (ISO) yang membuat regulasi terkait hal ini. Menurut peraturan mereka, standar tali yang direkomendasikan memiliki lebar 2,5cm dan panjang 90cm. Sementara itu ukuran kartu ID yang direkomendasikan memiliki lebar 8,5cm dan panjang 5,5cm. Itu sebabnya, kebanyakan percetakan lanyard dan ID card selalu berpatok pada ukuran ini ketika membuat pesanan custom.

Namun untuk jenis pesanan tertentu, Anda tetap dapat mempersonalisasikan ukurannya berdasarkan kebutuhan. Misalnya seperti lanyard khusus anak-anak tentu memiliki ukuran yang berbeda dengan lanyard untuk orang dewasa. Selain itu untuk lebarnya sendiri, Anda juga dapat memesan ukuran yang lebih bervariasi mulai dari 1cm, 1,2cm, 1,5cm, 1,9cm, hingga yang paling lebar dan banyak digunakan yaitu 2,5cm.

Bagaimana Cara Menentukan Ukuran ?

Selain bahan yang digunakan pada lanyard, saat menentukan ukuran untuk tali pun, ada dua hal penting yang perlu dipertimbangkan.

  1. Harga: Tali yang lebih lebar tentu akan memiliki harga yang lebih mahal karena proses produksinya pun membutuhkan lebih banyak bahan. Jika Anda mencari dengan harga yang ekonomis, Anda bisa memilih ukuran tali yang memiliki lebar 1cm.
  2. Desain: Jika Anda ingin menempatkan desain rumit yang terdiri dari banyak warna atau tulisan, pastikan Anda juga memiliki ruang cetak sebanyak mungkin. Itu sebabnya untuk area printing yang lebih luas, sangat disarankan bagi Anda untuk memilih tali dengan lebar 2,5cm.

Bahkan detail terkecil sekalipun dapat membuat perbedaan yang besar, terutama dalam hal ukuran. Selain memikirkan masalah desain dan kualitas, pastikan Anda juga tidak lupa untuk memperhatikan ukuran tali gantungan id card yang anda gunakan. Karena bagaimanapun, ukuran yang sesuai akan lebih nyaman ketika digunakan oleh pemakainya dan memiliki posisi yang seimbang dengan tubuh sehingga mudah dilihat dan diidentifikasi oleh orang-orang di sekitarnya.

CS 1 : +62 838-9090-9190
CS2 : +62 818-0617-0537

info.taliqu@gmail.com

Gerai TALIQU Pusat Lanyard Printing Jakarta
Jl. Hemat No.30b RW.3 Jelambar
Kec. Grogol petamburan, Jakarta Barat 11460
View on maps

Jam Operasional Gerai

Senin – Sabtu: 09.00 s/d 18.00
Minggu: Tutup