Jenis Bahan Lanyard

  • Dec 28, 2022

Jenis Bahan Seperti Apa Yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Lanyard?

Sebelum membahas apa saja jenis bahan yang digunakan untuk membuat lanyard. Ada baiknya kita mulai dengan pengertian lanyard itu sendiri. Lanyard adalah tali pengikat yang digunakan untuk membawa kartu identitas, kunci ataupun peluit dan sebagian besar dikenakan di leher. Lanyard cukup dibutuhkan untuk perusahaan menengah-besar sebagai kelengkapan aksesoris para karyawannya. Bisa sebagai gantungan ID card, gantungan flashdisk, gantungan dompet dan gantungan pulpen.

Jenis-jenis bahan lanyard mungkin masih asing di telinga banyak orang. Walaupun sebenarnya sering kita melihat bahan-bahan itu disekitar kita. Tali lanyard biasa terbuat dari polyester dan tisu. Tapi supaya lebih lengkapnya, apa saja sih jenis-jenis bahan yang bisa digunakan dalam pembuatan lanyard ?

  1. Bahan Nylon

Tali nylon biasa ditemukan terbuat dari bahan mengkilap, lembut dan dipadatkan secara menyeluruh menjadi serat tahan lama yang kuat. Bahan ini terbilang cukup nyaman saat digunakan sepanjang hari karena bahannya tipis dan ringan. Bahan ini juga bisa dicetak custom sesuai keinginan perusahaan ataupun individu. Nylon cenderung lebih awet dan tahan cuaca.

  1. Bahan Katun

Selain bahan nylon, katun juga bisa menjadi alternatif dalam pembuatan tali lanyard. Bahan katun sudah sering kita kenal sebagai bahan yang paling nyaman. Selain itu, katun itu sendiri dapat menyerap panas secara efisien. Tentu hal ini juga menjadi pertimbangan beberapa orang dalam rencananya untuk membuat tali id card. Bisa dibilang juga, katun adalah satu-satunya bahan yang dapat menahan pencetakan perpindahan panas dengan warna yang penuh.

  1. Bahan Tissue

Awas jangan salah kaprah, hehehe. Bahan tissue yang dimaksud disini bukan tissue yang kita kenal secara umum yang mudah sobek dan hancur jika terkena air. Tali lanyard bahan tissue ini permukaannya tebal berwarna putih dan memiliki tekstur yang halus seperti tissue. Itulah mengapa disebut bahan tissue.Ya, bisa dibilang lanyard dengan bahan tissue menjadi pilihan favorit konsumen karena lebih nyaman saat digunakan dan memiliki serat yang padat. Cocok untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama (awet). Taliqu sebagai penyedia lanyard custom juga menerima pembuatan lanyard dengan bahan tissue.

  1. Bahan Polyester

Sama seperti lanyard berbahan tissue. Namun bahan polyester ini terbuat dari kain sintetis yang tahan air dan tidak mudah kusut. Dapat memberikan warna yang lebih menyala (jika ditambahkan filament). Kami juga menyediakan pembuatan tali id card dengan bahan polyester.

Dari semua bahan diatas, bahan mana yang sering dipilih dalam pembuatan lanyard ?

Setelah mengetahui bahan yang sering digunakan dalam pembuatan lanyard. Tidak jarang kita ingin tahu bahan baku mana yang sering menjadi pilihan orang-orang dalam membuat lanyard. Entah itu akan digunakan untuk pembuatan tali id card ataupun gantungan lainnya. Diambil dari berbagai sumber bahwa ternyata bahan yang sering dipilih dalam pembuatan lanyard adalah:

  1. Lanyard Bahan Tissue

  2. Lanyard Bahan Polyester

Lalu, pertanyaan selanjutnya kenapa 2 bahan tersebut menjadi bahan yang sering dipilih? Beberapa alasan yang kami ketahui adalah:

  1. Lanyard Bahan Tissue

  • Kainnya memiliki tekstur yang halus

  • Mudah menyerap keringat

  • Memiliki serat yang padat sehingga menghasilkan warna yang cukup tajam

  1. Lanyard Bahan Polyester

  • Lanyard dengan bahan polyester akan cepat kering jika terkena air

  • Bisa menggunakan semua metode pencetakan

  • Dikenal dengan harganya yang murah

  • Awet, sulit melar dan warnanya tahan lama

Maka tidak heran, jika kedua bahan tersebut menjadi produk bahan baku yang laris di pasaran untuk membuat tali lanyard.

5 Fungsi Tali Lanyard Bikin Penampilan Makin Profesional

  • Dec 28, 2022

5 Fungsi Tali Lanyard Bikin Penampilan Makin Profesional

Tali lanyard merupakan tali yang sering digunakan oleh banyak orang sebagai gantungan ID card. Tali tersebut biasanya memiliki beragam warna, corak, dan bahan. Tapi perlu Anda ketahui, meski umumnya digunakan sebagai tali ID card, namun sebenarnya tali lanyard memiliki berbagai fungsi penting yang sangat bermanfaat dalam membuat penampilan Anda jadi semakin tampak profesional.

Lantas apa sajakah manfaat dari tali lanyard? Berikut ulasannya.

Media Promosi

Jika Anda sering melihat tali lanyard yang memiliki print logo atau tulisan, hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Sebab tali lanyard sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan atau institusi sebagai media promosi. Saat Anda mengenakan tali lanyard yang mencantumkan logo dan nama perusahaan Anda, secara tidak langsung Anda membawa branding perusahaan Anda. Dengan demikian, orang-orang yang berinteraksi dengan Anda bisa langsung tahu dari mana Anda berasal.

Bagian dari Seragam

Kenapa para pekerja kantoran sering menggunakan tali lanyard sebagai gantungan ID card? Hal tersebut dikarenakan tali lanyard sering dijadikan sebagai bagian dari seragam kantor. Sesuai dengan manfaatnya, seragam merupakan bentuk dan simbol dari identitas sebuah perusahaan. Itu sebabnya banyak perusahaan yang mewajibkan pegawainya memakai tali lanyard yang mencantumkan logo serta nama perusahaan mereka.

Penunjuk Identitas

Penggunaan tali lanyard pada ID card juga dapat memudahkan konsumen untuk mengkonfirmasi identitas dan informasi mengenai diri Anda dalam urusan pekerjaan. Misalnya seperti nama, unit kerja, serta foto Anda. Tentunya, hal tersebut dapat menjadi sebuah keunggulan yang bisa membangun kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda.

Menunjang Penampilan

Salah satu manfaat lain dari tali lanyard adalah untuk menunjang penampilan, sehingga Anda akan terlihat lebih profesional dan elegan ketika sedang memakainya. Terlebih lagi jika Anda harus sering berurusan dengan banyak klien, penggunaan tali lanyard akan memembuat Anda jadi tampak lebih rapi dan menarik. Dengan demikian, orang-orang pun akan lebih menghargai jika Anda tampil secara maksimal.

Gantungan Aksesori

Sebenarnya tali lanyard tidak hanya bisa digunakan sebagai gantungan ID card saja, tapi juga bisa Anda pakai untuk menggantung berbagai aksesori penting lainnya, misalnya seperti handphone, kunci, flashdisk, atau pulpen. Tentunya tali ini akan sangat berguna, terutama bagi Anda yang mudah kelupaan dalam menyimpan berbagai barang dengan ukuran kecil.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari tali lanyard yang perlu Anda tahu. Meski jarang disadari, namun ternyata ada banyak sekali berbagai fungsi penting yang terbantu dengan penggunaan tali lanyard, bukan?

Untuk pemesanan tali lanyard silahkan kunjungi toko online kami.

Tips Memilih Warna Yang Cocok Untuk Lanyard Custom

  • Nov 25, 2022

Saat mendesain lanyard yang dipersonalisasikan, pemilihan warna yang tepat dapat membantu Anda untuk mengalahkan kompetitor. Ini dikarenakan warna dapat mempengaruhi penilaian dan proses berpikir setiap orang, baik secara langsung maupun tidak, sehingga banyak bisnis yang menganggap pemilihan warna merupakan bagian penting dari strategi pemasaran yang tidak boleh diabaikan begitu saja.

Pentingnya Pemilihan Warna Lanyard

Sebagai contoh, hampir setiap orang memiliki warna favorit yang mereka sukai di antara warna lainnya. Sementara beberapa warna cerah mungkin dapat membuat perasaan Anda jadi lebih santai dan berenergi, sedangkan warna-warna bold yang pekat mengirimkan kesan yang lebih elegan dan kuat. Setiap pemilik bisnis yang cerdas harus mampu memanfaatkan kekuatan warna dan menggunakan pengetahuan ini untuk memerangi pesaing mereka.

Dalam hal ini, tali lanyard merupakan bagian penting dalam bisnis Anda. Lanyard tidak hanya digunakan untuk menampilkan ID card Anda di tempat kerja, seminar, atau konferensi saja, tetapi secara keseluruhan juga mewakili merek dan perusahaan Anda. Oleh sebab itu, memilih warna yang tepat dapat mewakili merek Anda untuk menginspirasi kesan terbaik yang ingin Anda sampaikan pada seluruh target audiens Anda.

Tips Memilih Warna Lanyard yang Sesuai

Lantas, bagaimana cara memilih warna lanyard yang paling tepat untuk perusahaan Anda? Jawabannya tentu bergantung pada industri seperti apa bisnis Anda beroperasi dan siapa saja target audiens Anda. Nah, sebagai bahan pertimbangan, berikut ini adalah beberapa rekomendasi ide warna tali id card yang bisa Anda pilih.

  1. Merah: Merah dikaitkan dengan warna yang berani, berapi-api, dan seksi. Pilihan warna ini cocok untuk sektor bisnis yang bergerak di bidang otomotif dan kecantikan. Namun beberapa industri makanan dan minuman juga banyak yang menggunakan warna ini, karena menurut psikologi warna merah dapat meningkatkan nafsu makan.
  2. Biru: Biru disimbolkan sebagai warna kepercayaan, loyalitas, dan tanggung jawab. Warna ini banyak digunakan oleh berbagai brand-brand besar yang bergerak di bidang teknologi, kimia, dan lembaga keuangan.
  3. Kuning: Kuning adalah warna yang memancarkan optimisme, semangat, dan kehangatan. Tetapi di lain sisi, warna ini juga dapat mendorong konsumen untuk membeli produk mereka. Warna kuning biasanya banyak digunakan oleh industri yang bergerak di bidang kreatif, hiburan, dan retail.
  4. Putih: Putih adalah warna yang menggambarkan kedamaian, kemurnian, dan kebersihan, sehingga sangat cocok digunakan pada segmen kesehatan ataupun kebersihan.
  5. Hitam: Hitam melambangkan kemewahan, elegan, berani, dan kecanggihan. Karena maknanya ini, hitam banyak digunakan oleh merek dagang dengan image mewah yang bergerak di berbagai industri, termasuk industri fashion, teknologi, dan otomotif.
  6. Hijau: Hijau sering dikaitkan dengan sesuatu yang alami dan menengkan. Pilihan warna ini sering digunakan di bidang pertanian ataupun produk-produk lainnya yang mengusung tema go green. Namun dalam beberapa tahun belakang, hijau juga cukup populer digunakan di berbagai sektor keuangan karena warna ini melambangkan pertumbuhan.

Jangan abaikan pemilihan warna pada lanyard, karena warna yang meninggalkan kesan menarik di mata audiens dapat membuat perusahaan Anda jadi tampak lebih menonjol dibandingkan pesaing. Jika ingin membuat tampilan warna yang lebih unik, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kreativitas Anda dengan mengkombinasikan warna-warna di atas menjadi warna baru yang lebih menarik. Jangan takut untuk berkreasi, tunjukkan identitas terbaik bisinis Anda dengan pilihan warna tali gantungan id card yang paling cocok dengan brand Anda.

Cara Menentukan Ukuran Lanyard Sesuai Standar

  • Nov 25, 2022

Hampir setiap bisnis dan institusi mengharuskan karyawannya untuk memakai tali lanyard, baik itu sebagai alat identifikasi atau konfirmasi izin keamanan. Dengan begitu banyaknya variasi yang tersedia di pasaran, penting bagi Anda untuk mengetahui standar umum mengenai ukurannya sebelum memutuskan untuk membuatnya.

Kenapa Harus Diukur?

Saat memesan lanyard custom, kebanyakan orang cenderung hanya memikirkan desain serta kualitasnya saja dan memilih untuk mengabaikan aspek lainnya. Padahal ukuran juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Ini dikarenakan ukuran yang tidak sesuai dapat mengakibatkan beragam masalah pada penggunanya.

Misalnya tali yang terlalu pendek dapat membuat si pengguna kesulitan untuk memasangnya di leher mereka. Sementara tali yang terlalu panjang akan membuat posisi klip aksesoris berada di atas perut, yang mana selain membuatnya lebih mudah untuk tersangkut, posisi ini juga sangat tidak ideal karena terlalu jauh dari jangkauan mata sehingga akan mempersulit proses identifikasi.

Berapa Standar Ukuran ?

Sebenarnya tidak ada aturan baku yang mewajibkan seseorang untuk memesan dengan ukuran tertentu. Kendati demikian, ada sebuah organisasi internasional bernama International Organization for Standarization (ISO) yang membuat regulasi terkait hal ini. Menurut peraturan mereka, standar tali yang direkomendasikan memiliki lebar 2,5cm dan panjang 90cm. Sementara itu ukuran kartu ID yang direkomendasikan memiliki lebar 8,5cm dan panjang 5,5cm. Itu sebabnya, kebanyakan percetakan lanyard dan ID card selalu berpatok pada ukuran ini ketika membuat pesanan custom.

Namun untuk jenis pesanan tertentu, Anda tetap dapat mempersonalisasikan ukurannya berdasarkan kebutuhan. Misalnya seperti lanyard khusus anak-anak tentu memiliki ukuran yang berbeda dengan lanyard untuk orang dewasa. Selain itu untuk lebarnya sendiri, Anda juga dapat memesan ukuran yang lebih bervariasi mulai dari 1cm, 1,2cm, 1,5cm, 1,9cm, hingga yang paling lebar dan banyak digunakan yaitu 2,5cm.

Bagaimana Cara Menentukan Ukuran ?

Selain bahan yang digunakan pada lanyard, saat menentukan ukuran untuk tali pun, ada dua hal penting yang perlu dipertimbangkan.

  1. Harga: Tali yang lebih lebar tentu akan memiliki harga yang lebih mahal karena proses produksinya pun membutuhkan lebih banyak bahan. Jika Anda mencari dengan harga yang ekonomis, Anda bisa memilih ukuran tali yang memiliki lebar 1cm.
  2. Desain: Jika Anda ingin menempatkan desain rumit yang terdiri dari banyak warna atau tulisan, pastikan Anda juga memiliki ruang cetak sebanyak mungkin. Itu sebabnya untuk area printing yang lebih luas, sangat disarankan bagi Anda untuk memilih tali dengan lebar 2,5cm.

Bahkan detail terkecil sekalipun dapat membuat perbedaan yang besar, terutama dalam hal ukuran. Selain memikirkan masalah desain dan kualitas, pastikan Anda juga tidak lupa untuk memperhatikan ukuran tali gantungan id card yang anda gunakan. Karena bagaimanapun, ukuran yang sesuai akan lebih nyaman ketika digunakan oleh pemakainya dan memiliki posisi yang seimbang dengan tubuh sehingga mudah dilihat dan diidentifikasi oleh orang-orang di sekitarnya.