Sebelum membahas apa saja jenis bahan yang digunakan untuk membuat lanyard. Ada baiknya kita mulai dengan pengertian lanyard itu sendiri. Lanyard adalah tali pengikat yang digunakan untuk membawa kartu identitas, kunci ataupun peluit dan sebagian besar dikenakan di leher. Lanyard cukup dibutuhkan untuk perusahaan menengah-besar sebagai kelengkapan aksesoris para karyawannya karena dengan lanyard terlihat lebih profesional. Bisa sebagai gantungan ID card, gantungan flashdisk, gantungan dompet dan gantungan pulpen.

Jenis-Jenis Bahan Lanyard

Jenis-jenis bahan lanyard mungkin masih asing di telinga banyak orang. Walaupun sebenarnya sering kita melihat bahan-bahan itu disekitar kita. Tali lanyard biasa terbuat dari polyester dan tisu. Tapi supaya lebih lengkapnya, apa saja sih jenis-jenis bahan yang bisa digunakan dalam pembuatan lanyard ?

Bahan Nylon

Tali nylon biasa ditemukan terbuat dari bahan mengkilap, lembut dan dipadatkan secara menyeluruh menjadi serat tahan lama yang kuat. Bahan ini terbilang cukup nyaman saat digunakan sepanjang hari karena bahannya tipis dan ringan. Bahan ini juga bisa dicetak custom sesuai keinginan perusahaan ataupun individu. Nylon cenderung lebih awet dan tahan cuaca.

Baca Juga: Material Bahan Pembuatan ID Card

Bahan Katun

Selain bahan nylon, katun juga bisa menjadi alternatif dalam pembuatan lanyard. Bahan katun sudah sering kita kenal sebagai bahan yang paling nyaman. Selain itu, katun itu sendiri dapat menyerap panas secara efisien. Tentu hal ini juga menjadi pertimbangan beberapa orang dalam rencananya untuk membuat tali id card. Bisa dibilang juga, katun adalah satu-satunya bahan yang dapat menahan pencetakan perpindahan panas dengan warna yang penuh.

Bahan Tissue

Awas jangan salah kaprah, hehehe. Bahan tissue yang dimaksud disini bukan tissue yang kita kenal secara umum yang mudah sobek dan hancur jika terkena air. Tali lanyard bahan tissue ini permukaannya tebal berwarna putih dan memiliki tekstur yang halus seperti tissue. Itulah mengapa disebut bahan tissue.Ya, bisa dibilang lanyard dengan bahan tissue menjadi pilihan favorit konsumen karena lebih nyaman saat digunakan dan memiliki serat yang padat. Cocok untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama (awet). Taliqu sebagai penyedia lanyard custom juga menerima pembuatan lanyard dengan bahan tissue.

Bahan Polyester

Sama seperti lanyard berbahan tissue. Namun bahan polyester ini terbuat dari kain sintetis yang tahan air dan tidak mudah kusut. Dapat memberikan warna yang lebih menyala (jika ditambahkan filament). Kami juga menyediakan pembuatan tali id card dengan bahan polyester.

Dari semua bahan diatas, bahan mana yang sering dipilih dalam pembuatan lanyard ?

Setelah mengetahui bahan yang sering digunakan dalam pembuatan lanyard. Tidak jarang kita ingin tahu bahan baku mana yang sering menjadi pilihan vendor lanyard dalam membuat lanyard. Entah itu akan digunakan untuk pembuatan tali id card ataupun gantungan lainnya. Diambil dari berbagai sumber bahwa ternyata bahan yang sering dipilih dalam pembuatan lanyard adalah:

  • Lanyard Bahan Tissue
  • Lanyard Bahan Polyester

Lalu, pertanyaan selanjutnya kenapa 2 bahan tersebut menjadi bahan yang sering dipilih? Beberapa alasan yang kami ketahui adalah:

Lanyard Bahan Tissue

  1. Kainnya memiliki tekstur yang halus
  2. Mudah menyerap keringat
  3. Memiliki serat yang padat sehingga menghasilkan warna yang cukup tajam

Lanyard Bahan Polyester

  1. Lanyard dengan bahan polyester akan cepat kering jika terkena air
  2. Bisa menggunakan semua metode pencetakan
  3. Dikenal dengan harganya yang murah
  4. Awet, sulit melar dan warnanya tahan lama

Maka tidak heran, jika kedua bahan tersebut menjadi produk bahan baku yang laris di pasaran untuk membuat tali lanyard. Jangan lupa juga untuk cetak id card murah berkualitas bersama dengan kami, dengan penawaran harga terbaik untuk kebutuhan Anda. 


Artikel Menarik Lainnya: